Senin, 24 Januari 2011

Jurusan Teknik Informatika


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PALABUHANRATU

Teknik Informatika dan Kurikulum Berbasis Kompetensi
Kurikulum dan Silabus Program Studi Teknik Informatika UNPAL  TA. 2011/2012 mengacu pada Surat Keputusan Mendiknas RI Nomor 232/U/2000 dan 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Teknik Informatika dengan demikian diharapkan dapat terbangun 4 pilar pengetahuan yakni : belajar mengetahui (learning to know), belajar berbuat (learning to do), belajar hidup bersama (learning to life togethers) dan belajar menjadi seseorang (learning to be) yang kemudian disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuan sarjana komputer yang diinginkan masyarakat. Selanjutnya dijabarkan dalam Lokakarya Kurikulum Berbasis Kompetensi Program Studi Teknik Informatika UNPAL.Penyelenggaraan program pendidikan sarjana strata-1 Teknik Informatika di UNPAL bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang unggul dan mempunyai pengetahuan dasar dan keahlian yang luas dalam bidang Teknologi Informasi dan Komputer. Dengan tujuan ini, seorang sarjana lulusan Teknik Informatika UNPAL diharapkan akan mampu untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperolehnya selama menempuh pendidikan di Program Studi Teknik Informatika UNPAL dalam berbagai bidang aplikasi dan menguasai berbagai metoda dan teknik pemecahan masalah berbasis komputer.
Di samping itu seorang sarjana Teknik Informatika diharapkan mampu untuk menyerap,mengembangkan dan memajukan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer dan Informatika, serta mampu untuk berkompetisi di pasar global. Hal ini yang mendasari Program Studi Teknik Informatika UNPAL yang terus membangun dan mengembangkan fasilitas di Program Studi Teknik Informatika.
Pedoman ini tidak saja penting bagi mahasiswa sebagai pegangan dalam menjalankan aktivitasnya di bidang akademik, tetapi juga bagi dosen dan pejabat di lingkungan Program Studi Teknik informatika untuk menjalankan tugasnya.







VISI, MISI DAN TUJUAN
    Visi
       Menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang teknologi informasi dan mampu berkompetisi di pasar global tahun 2015.
   Misi
      Menghasilkan anggota masyarakat yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi, berbudaya Indonesia, bersemangat ilmiah serta memiliki kemampuan akademik yang memadai dan sanggup berkinerja baik, serta mampu menerapkan, mengembangkan dan melakukan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi informasi bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
      Membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, kebiasaan dan iklim yang baik agar mampu dan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi untuk bersaing di pasar global.
      Menyebarkan hasil penelitian dan teknologi terapan, untuk dimanfaatkan dalam kegiatan produktif dan peningkatan mutu kehidupan masyarakat.
   Tujuan
        Mahasiswa
      Mengupayakan mahasiswa untuk berpartisipasi secara penuh di dalam semua aspek aktivitas dan Program Studi
      Membekali lulusan dengan pengetahuan, kecakapan dan nilai yang dibutuhkan bagi mereka untuk melanjutkan studi atau berpartisipasi dalam masyarakat.

Proses Belajar
         Selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar
         Mengupayakan staf pengajar untuk menggunakan metode proses belajar-mengajar yang bersifat kekinian (up to date)
         Menggunakan metode student based learning untuk membekali lulusan yang trampil, professional, beretika dan mampu untuk berkarya secara mandiri.
Penelitian
         Menyediakan lingkungan yang memungkinkan untuk melakukan penelitian dengan kualitas berskala nasional atau bahkan internasional sebagai tanggungjawab akademik utama
         Mengupayakan agar bersedia infrastruktur untuk melakukan penelitian dengan kualitas yang baik

Sumber Daya Manusia
         Mengupayakan untuk merekrut dan mempertahankan staf dengan kualitas tinggi, serta memberikan penghargaan bagi staf yang berprestasi tinggi
         Meningkatkan kompetensi staf dalam hal pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat

Lingkungan Fisik dan Lainnya
         Menyediakan lingkungan fisik yang nyaman, aman dan sehat
         Mengupayakan untuk selalu mempunyai strategi pencarian dan pembelanjaan dana yang efisien dan efektif

Kerjasama dengan Masyarakat dan Pemerintah
         Meningkatkan citra Program Studi dalam hal fungsi, peran dan kontribusinya agar lebih dikenal oleh masyarakat
         Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah, bisnis, industri dan alumni
         Mengupayakan untuk melibatkan tenaga ahli yang dimiliki oleh Program Studi untuk berpartisipasi dalam pengembangan kebijakan pemerintah dalam bidang teknologi komputer dan informasi
Internasional
Mengupayakan untuk memposisikan Program Studi agar dapat memenuhi standar internasional







Tidak ada komentar:

Posting Komentar