Senin, 24 Januari 2011

Jurusan Teknik Arsitektur

JURUSAN ARSITEKTUR
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PALABUHANRATU


1. Visi dan Misi
Visi:
Menjadikan jurusan yang terkemuka di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian serta menghasilkan sarjana yang berbudi luhur, cerdik, cakap dan bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya lingkup nasional dan internasional.
Misi:
1. Mengelola organisasi pendidikan agar mampu mengembangkan, menyebarluaskan & mengupayakan penggunaan ilmu arsitektur untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan kualitas hidup lingkungan binaan
2. Menyelenggarakan proses pendidikan sarjana arsitektur yang berkemampuan akademik dan profesional sehingga sanggup berperan aktif dalam perencanaan, perancangan, pelaksanaan, dan pengelolaan lingkungan binaan


2. Tujuan Program Pendidikan
Dengan didasarkan atas tujuan umum pendidikan dan keilmuan arsitektur, maka program pendidikan sarjana arsitektur mempunyai tujuan khusus, yaitu untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjiwa Pancasila yang siap berkembang dan mampu:
1. Menerapkan dan mengembangkan ilmu dan keahliannya dengan akhlak terpuji baik secara individual,kelompok, maupun antardisiplin, serta mampu beradaptasi dengan berbagai rona sosial-budaya masyarakat tempat kerja.
2. Melakukan penalaran untuk menyelesaikan permasalahan arsitektur di tengah proses perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan segala implikasi di masyarakat.
3. Mengolah lanjut ilmu dan keahliannya melalui penelitian dan pengabdian masyarakat baik secara konseptual maupun aplikatif.
4. Bertindak sebagai perencana, perancang, pelaksana, pengelola bangunan dan lingkungan binaan,peneliti, serta pengembang ilmu.
      


KURIKULUM

Mata kuliah pada Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik UNPAL tersusun atas lima kelompok mata kuliah, sebagai berikut:
·         Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MKPK), yaitu kelompok mata kuliah yang mendukung kompetensi untuk pengembangan pribadi menjadi individu yang matang dan memiliki intelegensi emosional dan spiritual yang tinggi.
·         Mata Kuliah Keahlian dan Ketrampilan (MKKK), yaitu kelompok mata kuliah yang mendukung kompetensi keilmuan.
·         Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKKB), yaitu kelompok mata kuliah yang mendukung kompetensi untuk mentransformasikan gagasan menjadi karya nyata.
·         Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MKPB), yaitu kelompok mata kuliah yang mendukung perilaku atau sikap yang diperlukan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi.
·         Mata Kuliah Berkehidupan Bersama (MKBB), yaitu kelompok mata kuliah yang mendukung kompetensi untuk berinteraksi sebagai anggota di tengah-tengah masyarakat dan dengan masyarakat dunia kerja













KERANGKA KURIKULUM
PROGRAM S-1 PROGRAM STUDI ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PALABUHANRATU
SEMESTER
MKPK
MKKK
MKKB
MKPB
MKBB
JML
SKS
JML
MK
SEMESTER 1
Pendidikan
Agama
(Aqidah)
(2)
Bahasa
Inggris
(2)
Mekanika
Terapan I
(2)
 
Matematika
(2)
Pengantar
Arsitektur
(2)




Grafis
Arsitektural
(4)
Konstruksi
Bangunan I
(2)
Studio
Peranc.
Arsitektur I (4)


20
9
SEMESTER 2
Ibadah
dan Akhlaq
(2)
Rekayasa
Lingkungan (2)
Mekanika
Terapan II
(2)
Teori
Bentuk
(2)




Perencanaan
Tapak I
(2)
Presentasi  & Model
Komputer
(2)
Bahan
Bangunan
(2)
Konstruksi
Bangunan II (2)
Studio Peranc.
Arsitektur II (4)


20
9
SEMESTER 3
Studi
Kepemimpinan dlm
Islam
(2)
Rekayasa
Thermal
Bangunan
(2)
Analisis
Struktur I
(2)
Teori
Fungsi
(2)
Antropologi
Arsitektur (2)


Perencanaan
Tapak II
(2)


Perancangan
Struktur I
(4)
Studio
Peranc. Arsitektur
III (4)
 

20
8
SEMESTER 4
Pendidikan
Kewarga-negaraan
(2)
Rekayasa
Akustik &
Pencahayaan
Bangunan (2)
Analisis
Struktur II
(2)
Utilitas
(2)
Teori
Semiotika dan
Kritik (2)

Sejarah
Arsitektur
Indonesia
(2)



Perancangan
Struktur II
(4)
Studio
Peranc.
Arsitektur IV (4)


20
8
SEMESTER 5

Pemikiran dan
Peradaban
dalam
Islam (2)
Metoda
Perancangan I
(2)
Dasar
Manajemen
Proyek (2)
Keselamatan
Bangunan (2)
Simulasi
Komputer (2)
Sejarah
Arsitektur
Modern
(2)



Perancangan Struktur III
(4)
Studio
Peranc. Arsitektur V (4)


20

8
SEMESTER 6
Pendidikan Pancasila (2)
Metoda Penelitian I (2)
Metoda
Perancangan II
(2)




Pengantar
Kajian Perumahan
(2)
Pengantar
Kajian
Perkotaan (2)

Perancangan Struktur IV
(4)
Studio Peranc. Arsitektur VI (4)
Praktik Profesional (2)

20
8
SEMESTER 7

Metoda Penelitian II (2)







Kewirausahaan
(2)
Pengantar
Struktur
Lanjut (2)
Studio Peranc. Arsitektur VII(6)

Hukum
Pranata Pembangunan
(2)
Pilihan
I
(2)
Pilihan
II
(2)
Pilihan
III
(2)
20
8
SEMESTER 7








Tugas
Akhir
(8)




Kuliah Kerja Nyata (2)
10
2






















KETERANGAN :
Mata Kuliah Prasyarat

























: Harus sudah menempuh























: Harus sudah lulus














PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (AQIDAH)
2SKS
MKPK
10011011
Konsep Islam tentang Tuhan. Konsep Islam tentang alam gaib. Pengenalan dan mempelajari kandungan Kitab-kitab Allah yang pernah ada serta tentang Rasul-rasul Allah. Dibahas pula hal-hal yang berkaitan dengan Hari Pembalasan, Qadla dan Qadar serta persepsi Allah menurut versi Islam


BAHASA INGGRIS
2 SKS
MKKK
 10022011
Mengetahui tatabahasa dan kosakata khususnya dalam bidang arsitektur, dan mampu memahami pembacaan teks dalam bidang arsitektur dan mendeskripsikan dalam bahasa Inggris.


MATEMATIKA
2 SKS
MKKK
 10022021
Mengetahui dasar-dasar geometri deskriptif dan analitis yang meliputi geometri datar (sistem koordinat, bangun geometris dua dimensional, relasi titik dan garis) dan geometri ruang (persamaan bidang, bangun geometris tiga dimensional ellipsoid).


MEKANIKA TERAPAN I
2 SKS
MKKK
 51222011
Memahami dasar-dasar keseimbangan (statika) dan ragam pembebanan & gaya internal eksternal, serta prinsip penerapannya pada konstruksi bangunan.


PENGANTAR ARSITEKTUR
2 SKS
MKKK
 51221011
Memahami definisi arsitektur dan mengenal lingkupnya, serta mengenal berbagai relasi antara arsitektur dan manusia, yakni: manusia sebagai pengguna (yang membentuk pengalaman fisis, psikologis, sosial, filosofis dan estetis), manusia sebagai produsen (yang membentuk profesi arsitek dalam sistem produksi masyarakat tradisional dan industrial), manusia sebagai pengkaji (yang membentuk disiplin ilmu arsitektur dalam kesejarahan, teori, dan metoda perancangan arsitektur).

GRAFIS ARSITEKTUR
4 SKS
MKKB
51221021
Memahami dan mampu menerapkan teknik-teknik penggambaran dan penyajian secara grafis dua dimensional rancangan arsitektural baik yang bersifat gambar presentasi maupun gambar teknis.

KONSTRUKSI BANGUNAN I
2 SKS
MKKB
 51231011
Mengetahui dasar struktur bangunan gedung (ragam bentuk dan struktur), elemen-elemen bangunan gedung (super structure dan sub structure), konstruksi teknis bangunan gedung (detail elemen bangunan), serta dasar-dasar sambungan dan joint (sambungan dasar; kayu dan batubata).

STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR I
4 SKS
MKKB
 51231021
Memahami prinsip-prinsip perancangan komposisi geometric dan tektonik yang berupa naungan ataupun bagian bangunan sebagai setting antropomorfis.












IBADAH DAN AKHLAQ
2 SKS
MKPK
 10012012
Memahami prinsip-prinsip menjalin hubungan baik dengan Allah dan dengan sesama manusia, serta perwujudannya dalam tatacara peribadatan dan pengembangan kepribadian.


REKAYASA LINGKUNGAN
2 SKS
MKKK
 51221012
Mengenal konteks lingkungan dalam bangunan/lingkungan binaan baik secara paradigmatis, teoretis dan teknis; mengetahui proses kehidupan dan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya, baik abiotik, biotik maupun budaya; dan mengenal konteks secara hukum lingkungan dengan menjelaskan secara khusus pengertian amdal, peran manusia sebagai agen perubahan ekologi.

PERENCANAAN TAPAK I
2 SKS
MKKB
 51231012
Mengetahui prinsip-prinsip pemahaman dan rekayasa tapak, yang meliputi pengamatan tapak, penginterpretasian data tapak, analisis tapak terutama masalah topografi, kerangka peta, pengukuran detail, dan dasar-dasar rekayasa tapak.

MEKANIKA TERAPAN II
2 SKS
MKKK
 51222022
Mengenal ragam sistem struktur dan mengetahui karakteristik mekanis bahan struktural (elastisitas, kekuatan, daktilitas dan kegetasan) dan karakteristik gaya pada komponen struktur (gaya lentur dan geser pada balok; gaya lentur dan tekan atau tarik pada kolom dan balok, lendutan pada truss; kekakuan lateral dan struktural pada rangka; puntir dan lentur pada balok bundar, berongga, persegi dan balkon dsb.).

PRESENTASI DAN MODEL KOMPUTER
2 SKS
MKKB
 51232012
Memahami dasar-dasar paparan bentuk dalam arsitektur yang meliputi bentuk dan persepsi, pendekatan Gestalt: bagian dan keseluruhan, paparan geometris and topologis, morfologi arsitektur, tipologi arsitektur, antropomorfi dalam arsitektur, relasi antara bentuk dan setting serta relasi antara bentuk dan teknik/struktur.

PRESENTASI DAN MODEL KOMPUTER
2 SKS
MKKB
 51232012
Mengetahui berbagai macam teknik presentasi dan pemodelan arsitektural dengan alat bantu komputer baik dua dimensional maupun tiga dimensional dan mampu menggunakan software ataupun hardware yang dibutuhkan.


BAHAN BANGUNAN
2 SKS
MKKB
 51232112
Mengetahui sifat-sifat bahan struktural: baja, aluminium, beton, pasangan, kayu, plastik struktural, dan tanah; serta mengetahui sifat-sifat bahan konstruksi-arsitektural, bahan bangunan bukan logam, bahan bangunan logam besi/baja, dan bahan bangunan logam bukan besi/baja
.

KONSTRUKSI BANGUNAN II
2 SKS
MKKB
 51231122
Mengetahui elemen-elemen disain struktural dan konstruksi, struktur konstruksi atap, struktur konstruksi utama (bentuk struktur dan fungsinya), konstruksi sanitasi dan drainasi, serta dasar-dasar konstruksi di lapangan (pengetahuan pentahapan teknis di lapangan).


STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR II
4 SKS
MKKB
 51231022
Memahami prinsip-prinsip perancangan komposisi arsitektonik yang berupa konstruksi sederhana secara logis dan estetis yang berupa bangunan berstruktur tunggal beruang tunggal sebagai setting bagi aktivitas-aktivitas primordial ragawi manusia, serta memahami strategi transformasi arsitektural guna memperkaya gagasan.




STUDI KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM
2 SKS
MKPK
 1001013
Mengetahui pengertian dan prinsip-prinsip kepemimpinan dalam Islam baik dalam lingkup pengembangan pribadi pemimpin maupun dalam teknik-teknik pengorganisasian yang bersumber pada pribadi dan kepemimpinan Rasulullah SAW, serta penerapannya dalam kepemimpinan masa kini.
REKAYASA THERMAL BANGUNAN
2 SKS
MKKK
 51222033
Memahami prinsip dan standard kenyamanan thermal dalam arsitektur yang didasarkan pada pemahaman terhadap konteks klimatologis suatu bangunan, serta prinsip-prinsip rekayasanya dalam suatu sistem rancangan arsitektur.
PERENCANAAN TAPAK II
2 SKS
MKKB
 51231033
Mengetahui teori-teori perencanaan tapak, kualitas tapak, teknik-teknik perencanaan tapak yang berbasis pada pengelolaan alam, pengelolaan iklim mikro, pengelolaan standar-standar dalam perencanaan dan mempraktikkan dalam kasus-kasus perencanaan tapak
ANALISIS STRUKTUR I
2 SKS
MKKK
 51222013
Mengetahui kriteria desain dan analisis, beban pada struktur, proses analisis umum, analisis rangka batang (kayu, baja), analisis elemen lentur: balok sederhana (kayu,baja,beton), analisis elemen tekan: kolom (kayu,beton), analisis struktur menerus: balok (beton),  analisis struktur menerus: rangka kaku (beton), analisis pelat dan grid balok (beton).
TEORI FUNGSI
2 SKS
MKKK
 51221023
Memahami kisaran fungsi dalam arsitektur dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia, (meliputi: survival needs, safety & security, affiliation needs, esteem needs, cognitive dan esthetic needs) melalui peran-peran bangunan (meliputi: pembentukan lingkungan fisis, pembentukan lingkungan simbolis).
ANTROPOLOGI ARSITEKTUR
2 SKS
MKKK
 51222023
Mengetahui sistem budaya: gagasan dan pembentukannya, awal budaya bermukim, ragam dan perkembangan tradisi bermukim dan aspek keruangannya, hunian dan monumen, serta budaya perkotaan dan bentukan fisiknya.
PERANCANGAN STRUKTUR I
4 SKS
MKKB
 51221013
Memahami dan mampu menerapkan prinsip perencanaan struktur bangunan dua lantai dengan sistem struktur kayu, bata, beton. Jenis sistem struktur utama dengan dinding Pemikul/Rangka, struktur dan konstruksi sebagai media jaringan air bersih dan kotor beserta detail teknisnya, dan berbagai macam atap, dilihat dan bentuk, struktur dan bahan.
STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR III
4 SKS
MKKB
 51232033
Memahami perancangan bangunan sederhana yang dengan fungsi yang terpadu yang terletak pada suatu tapak dengan karakter alami yang menyolok, mengetahui prinsip pengolahan lahan dan respon terhadap kondisi alami, serta mampu menyajikan rancangan secara komunikatif.




PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
2 SKS
MKPK
 10011014
Memahami prinsip-prinsip kewarganegaraan, hak dan kewajiban warganegara, wawasan nusantara, ketahanan nasional serta prinsip hak-hak asasi manusia.  
REKAYASA AKUSTIK DAN PENCAHAYAAN BANGUNAN
2 SKS
MKKK
 51222014
Mengetahui dasar teori tentang cahaya, terang dan penglihatan, bunyi dan suara, kenyamanan visual dan auditif. Memahami prinsip dan desain arsitektur yang mempertimbangkan aspek pencahayaan dan akustik.
UTILITAS
2 SKS
MKKK
 51221114
Memahami sistem pelayanan dalam sistem bangunan serta kedudukannya dalam arsitektur (yang berupa jaringan air bersih, air kotor, transportasi, power supply (kelistrikan), sistem penyegaran udara buatan, dan telekomunikasi) serta mampu menerapkan pemahaman tersebut dalam perencanaan bangunan.
ANALISIS STRUKTUR II
2 SKS
MKKK
 51222024
Mengetahui sistem struktur rangka grid, arsitektur dan struktur, meliputi: pola grid, pola struktural, manipulasi pola, stabilitas, hubungan arsitektur dan ruang fungsi dan struktur, antisipasi bentuk struktur terhadap gaya/beban khusus, angin, gempa, dsb. Pendekatan konstruksional, meliputi: konstruksi kayu, konstruksi beton bertulang, konstruksi baja, serta titik hubung.
TEORI SEMIOTIKA DAN KRITIK
2 SKS
MKKK
 51222024
Mengenal teori-teori semantik dalam arsitektur yang menerangkan keterkaitan antar ranah: bentuk-peran bangunan-teknik; termasuk di dalamnya kajian mengenai semiotika yang berkaitan dengan komunikasi simbolik; serta mengenal metoda-metoda kritik arsitektur untuk memberi kemampuan analisis arsitektur yang baik.
SEJARAH ARSITEKTUR INDONESIA
2 SKS
MKKK
 51221014
Mengetahui keragaman arsitektur kedaerahan di Nusantara (keragaman bentuk dan konstruksi, keragaman susunan ruang dan penggunaan, dan keragaman simbol dan makna) dan interaksi keragaman tersebut dengan berbagai peradaban dunia (peradaban India, Cina, Islam dan Eropa), serta dinamika perkembangan modern dan kontemporer arsitektur di Indonesia

PERANCANGAN STRUKTUR II
4 SKS
MKKB
 51232024
Memahami dan mampu menerapkan prinsip perencanaan struktur bangunan 4-5 lantai dengan sistem struktur beton dan baja, jenis sistem struktur utama dengan rangka berbagai macam beton, dan sistem selubung bangunan terutama dalam kaitannya dengan pengendalian iklim mikro dalam bangunan.

STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR IV
4 SKS
MKKB
 51232044
Memahami dan mampu menerapkan prinsip-prinsip perancangan bangunan dengan kompleksitas fungsional menengah (fungsi tunggal, volume besar) dengan konstruksi antara 2-4 lantai, yang terletak dalam lingkungan perkotaan sehingga harus mempertimbangkan faktor kepadatan, dan peraturan bangunan setempat.




PEMIKIRAN DAN PERADABAN DALAM ISLAM
2 SKS
MKKK
 51222045
Mengenal dinamika perkembangan kesejarahan dunia Islam dan ungkapan-ungkapan arsitektural yang berkembang yang meliputi: masa pembentukan awal (masa Rasulullah, Daulah Umayyah & Abbasiyah); masa Ekspansi dan tantangan regional (Ottoman dan Barat, Savafid dan Asia Tengah, Mughal dan Asia Selatan, Cina dan Asia Timur, Indonesia dan Asia Tenggara; Masa Kontemporer (kebangkitan negara bangsa, modernisme and keterbelakangan, arsitektur untuk lingkungan dan masyarakat)

KESELAMATAN BANGUNAN
2 SKS
MKKK
 51222035
Memahami sistem keselamatan¿baik yang bersifat aktif maupun pasif¿dan keamanan dalam sistem bangunan proteksi terhadap kebakaran, petir, dan bahaya lainnya (gempa, banjir, dl), dan sistem signal dan kendali keamanan, serta mampu menerapkannya dalam rancangan. 
DASAR MANAJEMEN PROYEK
2 SKS
MKKK
 51222025
Mengetahui prinsip-prinsip proses pembangunan. pengertian manajemen, unsur-unsur dan organisasi pelaksanaan pembangunan, proses pembangunan dan tahap persiapan, lelang hingga penyerahan pembangunan; serta mengenal proses pembangunan yang berwawasan lingkungan.
METODA PERANCANGAN I
2 SKS
MKKK
 51222015
Mengerti secara teoretis proses perancangan, gambaran umum proses perancangan sebagai proses penyelusuran masalah, proses berpikir (divergen, transformasi dan konvergen) dan tahapan proses perancangan (programming, planning, dan design).
SIMULASI KOMPUTER
2 SKS
MKKK
 51222055
Mengetahui prinsip dan teknik perancangan dengan perangkat lunak simulasi aspek-aspek perancangan tertentu (kekuatan, pencahayaan, penghawaan, pengendalian projek dsb.) terhadap suatu model rancangan terkomputerisasi.
SEJARAH ARSITEKTUR MODERN
2 SKS
MKKK
 51221015
Mengetahui fenomena arsitektur moderen dalam konteks: transformasi budaya (rasionalisasi dan mitos tentang kemajuan); transfomasi teritori (urbanisasi dan indutrialisasi); dan transformasi teknis (rekayasa struktur, kegunaan struktur, ekspresi ¿kebenaran¿ struktur dan konstruksi, dan teknologi) serta respon dan upaya-upaya revisi terhadapnya.
PERANCANGAN STRUKTUR III
4 SKS
MKKB
 51232035
Memahami perancangan bangunan sederhana yang dengan fungsi yang terpadu yang terletak pada suatu tapak dengan karakter alami yang menyolok, mengetahui prinsip pengolahan lahan dan respon terhadap kondisi alami, serta mampu menyajikan rancangan secara komunikati

STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR  V
4 SKS
MKKB
 51232055
Memahami dan mampu menerapkan prinsip-prinsip perancangan bangunan secara teknis, yang meliputi perancangan fungsional dengan program yang dapat dikuantifikasikan, konstruksi yang sistemik sebagai bangunan berlantai banyak dengan dukungan infrastruktur; serta mampu menyajikan gambar secara teknis sebagai dokumen kontrak.




PRAKTIK PROFESIONAL
2 SKS
MKPB
 51241026
Mengenal kegiatan praktek profesional dalam arsitektur; bentuk-bentuk hubungan kerja arsitek dan pemberi tugas, macam-macam bentuk penugasan, tahapan proses perancangan, standard hasil karya, prinsip-prinsip organisasi kerja dan kerja tim, format-format dokumen perancangan, bisnis perancangan, bentuk-bentuk dokumen kontrak kerja, pengendalian proyek, pedoman standard imbalan jasa untuk proyek perancangan skala kecil dan menengah.

PENDIDIKAN PANCASILA
2 SKS
MKPK
 10011016
Memahami kedudukan Pancasila sebagai dasar falsafah negara Republik Indonesia dan perwujudannya dalam rumusan Pancasila dengan sila-silanya, serta mengenal dasar-dasar filsafat yang menjadi konteks Pancasila.
METODA PENELITIAN I
2 SKS
MKKK
 51222016
Mengetahui prinsip dan ragam penelitian khususnya penelitian dalam bidang arsitektur dan perancangan, tahap pemrograman penelitian, proses penelitian, pendekatan penelitian, teknik presentasi data (teori dan simulasi): kuantitatif dan kualitatif.

METODA PERANCANGAN II
2 SKS
MKKK
 51222026
Mengetahui proses penemuan masalah (sasaran, fakta, konsep, kebutuhan dan pernyataan masalah) dan pertimbangan-pertimbangannya (fungsi, bentuk, waktu, ekonomi); mengetahui prinsip pemilihan strategi dan pemilihan metoda perancangan; serta mengetahui evaluasi puma huni.

PENGANTAR KAJIAN PERUMAHAN
2 SKS
MKKB
 51231026
Mengetahui permasalahan permukiman (perkotaan dan perdesaan), unsur-unsur pembangunan perumahan dan permukiman, housing need, housing demand & housing supply, program pembangunan perumahan dan permukiman, pembiayaan pembangunan perumahan, serta lahan untuk perumahan dan permukiman.
PENGANTAR KAJIAN PERKOTAAN
2 SKS
MKKB
 51231016
Mengetahui permasalahan kota dari berbagai aspek, kependudukan, urbanisasi, proses perencanaan kota, pemahaman norma perancangan kota dan berbagai dimensi, serta pemahaman, pendekatan (orientasi) perancangan kota.
PERANCANGAN STRUKTUR IV
4 SKS
MKKB
 5123046
Memahami dan mampu menerapkan prinsip perencanaan struktur bangunan 4-5 lantai dan bangunan fungsi bentang lebar, sistem struktur beton dan baja, jenis sistern struktur utama rangka, pelat dan kabel, struktur dan konstruksi dalam kaitannya dengan sistem jaringan.

STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR VI
4 SKS
MKKB
 51232066
Memahami dan mampu menerapkan prinsip-prinsip perancangan bangunan berskala menengah yang menekankan pada aspek simbolis-kultural,




KEWIRAUSAHAAN
2 SKS
MKKB
 51232017
Mengenal prinsip-prinsip dan etika kewirausahaan dan profesi (resposibilitas, fairness, independensi, loyalitas, dedikasi) yang dijiwai oleh nilai-nilai Islam dalam konteks arsitektur.

HUKUM PRANATA PEMBANGUNAN
2 SKS
MKBB
 51251017
Mengenal konteks pranata hukum dimana arsitek berpraktek dan peraturan hukum yang terkait dengan registrasi praktek profesional, peraturan tata kota, pelestarian lingkungan, peraturan bangunan umum, serta prosedur-prosedur membangun.
METODA PENELITIAN II
2 SKS
MKKK
 51222027
Mengetahui macam alat analisis dalam penelitian dan penjelasan tugas, penggunaan dan pemaknaan alat analisis dalam tugas, detail teknik, penguasaan kata, kalimat, dan paragraf, rekomendasi, kesimpulan, dan abstrak, serta laporan akhir.



Berikut diuraikan materi umum tiap-tiap Mata Kuliah Pilihan yang dapat diambil bila telah menempuh mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur V.

MANAJEMEN KONSTRUKSI
2 SKS
MKBB
 51205332
Industri konstruksi dan proyek konstruksi, organisasi proyek konstruksi, pengantar perencanaan dan pengendalian kualitas dan jadual proyek konstruksi, pengantar estimasi dan pengendalian keuangan proyek konstruksi, serta studi kasus dan implementasi.

FURNITURE
2 SKS
MKBB
 51206234
Perancangan dan penataan estetis suatu ruang dalam penerapan berbagai gaya-gaya yang telah ada, seperti gaya-gaya tradisional, klasik, modern maupun kontemporer, dengan mempertimbangkan karakter bangunan yang mewadahinya.
PERUMAHAN
2 SKS
MKBB
 51204534
Pendalaman terhadap kawasan perumahan terutama perumahan dalam konteks real estate. Dibahas pula secara mendalam studi kelayakan, ekonomi bangunan, konsep-konsep pemasaran dan manajemen real estate. Mahasiswa dicoba pula dilatih menganalisis suatu kasus pengembangan perumahan.
PRESENTASI MULTIMEDIA DIGITAL
2 SKS
MKBB
 51206732
Pengetahuan tentang teknik penyajian presentasi digital yang interaktif dalam arsitektur. Terdiri atas pemahaman komposisi elemen grafik 2 dimensi, jenis file yang dapat digabungkan, perangkat yang dapat dipakai baik yang bersifat linier presentation maupun branching presentation.

PRESERVASI DAN KONSERVASI
2 SKS
MKBB
 51205534
Teori-teori preservasi dan konservasi baik untuk bangunan, lingkungan binaan maupun suasana. Pemahamannya terhadap suatu area yang mempunyai nilai historis baik itu bangunan maupun lingkungan yang mewadahinya. Penerapan arsitektur masa kini dan pengaruhnya pada area yang bernilai historis tersebut.
REAL ESTATE
2 SKS
MKBB
 51204134
Pendalaman terhadap kawasan perumahan terencana (real estate), bangunan perdagangan (ruko) dan tata ruangnya. Dibahas pula studi kelayakan, ekonomi bangunan, konsep-konsep pemasaran dan manajemen real estate. Mahasiswa dicoba pula dilatih menganalisis suatu kasus pengembangan perumahan.
RENOVASI BANGUNAN
2 SKS
MKBB
 51206234
Pendalaman cara merenovasi bangunan yang dikarenakan pertumbuhan atau berkembangnya rumah terhadap tuntutan keinginan dan kebutuhan pengguna. Teknik merenovasi rumah juga membahas cara-cara memperbaiki bangunan karena dimakan usia, bencana alam dan pemilihan bahan yang tepat.

PERANCANGAN TEPIAN AIR
2 SKS
MKBB
 51207132
Esensi dan rencana guna lahan tepian air, bentuk tepian air, tujuan perancangan tepian air, kebijakan dan akses umum dan open space, waterfront view, sumber bersejarah, kriteria akses dan desain, serta studi kasus perancangan tepian air.
PRAKTIK KERJA
2 SKS
MKBB
 51204652
Memahami prinsip-prinsip perancangan dan mampu melakukan praktik pemagangan pada proses perencanaan maupun pengawasan profesional dan mampu menyusun laporan secara sistematis.

AKSESIBILITAS LINGKUNGAN
2 SKS
MKBB
 51207032
Pengenalan aksesibilitas, prinsip-prinsip aksesibilitas, benchmarking exercise, simulation exercise, field trip ke obyek-obyek arsitektural, serta live design.

PERENCANAAN BAGIAN WILAYAH KOTA
2 SKS
MKBB
 51207232
Penyusunan proposal teknis, penyusunan data, analisis, penyusunan strategi dan konsep perencanaan, penyusunan rencana bagian wilayah kota, serta identifikasi program pelaksanaan pembangunan dan jadual pelaksanaan.
FOTOGRAFI ARSITEKTUR
2 SKS
MKBB
 51207332
Pengenalan kamera dan cara kerja, teknik pemotretan tanpa lampu kilat dan dengan lampu kilat, teknik membidik obyek interior, obyek eksterior khusus bangunan, obyek eksterior lansekap, serta membidik obyek detail-detail arsitektur.
PENGANTAR STRUKTUR LANJUT
2 SKS
MKKB
 51222017
Mengetahui macam sistem struktur bangunan tinggi beserta contoh project-nya, macam sistem struktur bangunan bentang lebar beserta contoh project-nya, konstruksi utama bangunan advanced.

STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR VII
6 SKS
MKKB
 51231077
Memahami dan mampu menerapkan prinsip-prinsip perancangan bangunan berskala menengah secara komprehensif dari segi pemrograman fungsional, perancangan bentuk, perencanaan struktur dan infrastruktur, serta mampu menjelaskan pertimbangan-pertimbangan dan hasil rancangannya secara tertulis.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar